Wednesday, October 05, 2011

Lucunya Mahasiswa Gue

Udah 2 semester gue ngajar di sebuah universitas di ibukota. Semester ini, kelas yang gue ajar lebih hidup daripada semester lalu. Kalo diskusi lebih tektok. Pengetahuan dasar anak-anaknya cukup baik. Semangat belajarnya juga lebih tinggi. Gue yakin para mahasiswa di kelas ini lebih pintar daripada kelas kemaren, sampai tugas pekan lalu menggoyahkan keyakinan gue.

Gue ngasih mereka 1 bab foto kopian referensi berbahasa Inggris. Perintahnya: Rangkum 2 halaman aja, di-print. Jelas? Jawab : Jelaaaaaaaaaaaaaaassss.

Tapi lalu muncullah pertanyaan-pertanyaan lanjutan.
1. Bu, kita bikinnya pake bahasa apa? (yah, secara ini kelas berbahasa Indonesia, gue pikir mereka gak akan nanya pertanyaan ini).
2. Bu, kita ngerangkumnya 2 halaman aja, atau semuanya dirangkum lalu dijadiin 2 halaman? (gue mesti semedi dua detik dulu untuk menjawabnya. pertama, karena bingung kok mahasiswa semester 3 bisa nanya begini? kayak gak pernah disuruh bikin rangkuman aja. kedua, menfasirkan maksud si penanya.... doi mau baca 2 halaman terus dirangkum, atau baca 1 bab terus dirangkum jadi 2 halaman?).

Semua pertanyaan gue jawab singkat, padat dan sambil senyum. Mereka bilang sih paham. Tapi entah kenapa, gue kok jadi mikir besok-besok bakal ada pertanyaan lanjutan lagi. Hihihii.

In case ada mahasiswa gue baca tulisan ini, bukan maksud gue menganggap kalian bodoh. Sama sekali bukan. Gue cuman sempet kepikir, kalian lucu :). Belajar lagi yaaah.

No comments: