Wednesday, January 25, 2012

Suspect X - Kasus Pembunuhan di Tangan Pakar Eksak


Seorang pria terbunuh di apartemen istrinya. Pembunuhnya? Istri dan anaknya sendiri! Sebab terjadi pembunuhan sampai adegan terbunuhnya si pria itu dipaparkan jelas di awal. Laah, ini cerita detektif. Kok pembunuhnya sudah dibocorin ke penonton?

Itulah serunya Suspect X, film detektif Jepang bergenre thriller-misteri buatan tahun 2008. Film ini TIDAK bikin penonton bertanya-tanya siapa pembunuhnya. Tapi film ini menceritakan bagaimana upaya seseorang agar pembunuh sebenarnya tidak ketahuan polisi meski sudah di depan mata, dan bagaimana upaya polisi melacak pembunuh yang disamarkan itu.

Ada formula "penonton tahu, aktor tidak tahu". Penonton tahu siapa pembunuhnya, tapi polisi tidak tahu. Jadi penonton menunggu kapan polisi tau, dan bagaimana caranya. Itulah yang dijual di film ini.

Ada juga battle of wits alias adu cerdas antara dua ahli ilmu eksak. Ini gue suka banget. Jenius Fisika vs Jenius Matematika. Si Jenius Fisika melindungi pembunuh, sedangkan si Jenius Matematika disewa polisi untuk melacak pembunuh.

Lihat contoh perhitungan yang gue bikin --dengan susah payah- ini :
Pada fakta-fakta berikut.... (akar36) X 19 - (28 : 4) + 7 = 100.
Tapi dengan fakta yang sama, jawaban bisa jauh berbeda... (akar36) X 19 - 28 : (4 + 7) = 7,819. Beda kan?? Padahal cuman dengan memindahkan tanda kurung!

Nah, begitu juga kerjaan si Jenius Fisika. Fakta-fakta yang ada di kasus pembunuhan ini dia mainkan, ibaratnya tanda kurungnya dia pindah-pindah, sehingga jawabannya (dalam hal ini: pembunuhnya) berbeda.

Si Jenius Matematika yang ganteng itu sebenarnya curiga sama si Ahli Fisika, yang ternyata dia kagumi kejeniusannya sejak masih kuliah. Tapi semua fakta TIDAK mengarah ke si Ahli Fisika, maupun ke si ibu dan anak. Si Ahli Matematika pun gelisah karena dia yakin perhitungannya ada yang salah. Tapi apa???

Jadi prediksi dan antisipasi Ahli Fisika, dilawan pakai analisa Ahli Matematika. Jawaban yang melenceng harus dapat jawaban tepat. Apakah akhirnya polisi bisa mengungkap pembunuh sebenarnya? Nonton aja filmnya :))

Oh iya. Yang bikin film ini tambah menarik buat gue, si Ahli Fisika ekspresinya lempeng-lempeng aja, sangat tidak menarik perhatian. Padahal dia yang atur semua agar kecurigaan polisi beralih dari si ibu dan anak yang dia lindungi. Kenapa dia begitu ingin melindungi keduanya?? Nah, itu diungkap di akhir film. Ternyata sangat menyentuh. Manusiawi banget. Bahkan semua karakter di sini film ini sangat manusiawi. Hmmmm... kecuali pria yang dibunuh itu. :))

Adaptasi

Suspect-X diangkat dari novel Jepang berjudul Yogisha X no Kenshin (The Devotion of Suspect-X) oleh Keiga Higashino. Novel ini best-seller di negerinya. Si penulis dapat sejumlah penghargaan, termasuk penghargaan bergengsi Naoki Prize. Novelnya sendiri memenangkan Honkaku Mystery Grand Prize. Bahkan di Honkaku Mystery Best 10, yang merupakan buku panduan fiksi-misteri Jepang 2008, tertulis kalau Yogisha X no Kenshin menempati posisi 1. Ciyeeeehh!!

Suspect-X masuk box office, dan bertengger di peringkat 3 film berpendapatan tertinggi 2008. Sebelumnya ada serial prekuel, yang notabene juga thriller-misteri. Judul serial TVnya: Galileo. Pemainnya kurang lebih sama kayak di film layar lebarnya. Tahun 2012 ini, akan dibuat film versi Korea Selatan, dengan judul (tentatif) Real Love. Secara gue suka genre thriller-misteri, gue tungguin versi Korea ini rilis di internet :)

--O--

Film Suspect X (2008)

Asal : Jepang
directed by Hiroshi Nishitani.
Pemain :

7 comments:

Unknown said...

Nonton Online Film The Suspect 2013 subtitle indonesia disini kk
http://cinema69indo.blogspot.com/2014/05/nonton-film-suspect-2013-subtitle.html

Fredy Wansyah Putra said...

Yuk liat resensi saya tentang film Suspect X ==>Resensi Film Suspect X

Anonymous said...

aduh ya iyalah bung tanda kurung di pindahin wajar hasilnya beda kakaaa -___-

Unknown said...

Iya emang dgn mindahin tanda kurung jawaban akan beda tp disini poinnya bukan itu, mgkn penulis bermaksud menganalogikan apa yg dilakukan pembunuhnya melalui persamaan tsb, dengan angka (fakta) yg sama tp si pelaku mindah2in tanda kurung shg jawaban beda (baca: pembunuhan asli tersamarkan)

Ralat ya itu yg jenius fisika adalah yukawa manabu sedangkan yg melindungi pembunuh adlh si jenius matematika :)

Endingnya mengharukan :'( ini lebih dr sekedar cerita mystery-thriller

Unknown said...

Ada link full movie nya ga? Saya mupeng ama ini film. Thanks before.

TW said...

Lain kali kalo nge review film, bikin sinopsis, atau apalah itu, gak usah pake spoiler mba, orang jadi kesel baca blog lu, tadinya penasaran pas baca blog lu malah jadi gak penasaran lagi, pake dibahas siapa yang bunuh, kalo nulis mikir-mikir dulu

Dita said...

ada baiknya dicerna lagi, terutama paragraf 2.

mas/mbak TW bacanya jangan pake kesel, ntar jadi gak paham maksud tulisan saya.

tapi saya gak bisa maksa juga pembaca harus sepemahaman ama saya.
toh blog saya, gaya tulisan saya.

anw, terima kasih atas komennya.