Monday, December 19, 2011

Kemacetan Pagi Hari

Foto-foto di bawah ini gue ambil dari bis yang lagi kena macet di pengkolan Komdak menuju Jalan Sudirman. Macetnya bukan padat merayap lagi, tapi udah diem. Nggak jalan. Boros bensin tingkat metropolitan!


Kemacetan nggak cuman di Jalan Sudirman-nya, tapi juga sepanjang Jembatan Semanggi (lihat antrean mobil di lapisan paling background di foto kedua).


Secara gue rutin lewat ini di jam yang kurang lebih sama, gue heran kenapa hari itu lebih macet dari biasanya. Jadi gue tanya ke tukang ojeg. Kata doi, ini kemacetan akibat habisnya jam three in one hari itu.

Buat yang belum tau three in one, itu istilah pada salah satu aturan mengurangi kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Satu mobil diisi minimum 3 orang. Three in one berlangsung Senin sd Jumat, pagi jam 7 sd 10, sore jam 16-19. Jadi, jumlah mobil yang lewat berkurang. Sebab, normatifnya, mobil2 yang isinya cuman 1 atau 2 orang nggak berani lewat jalan protokol jam segitu karena bisa disemprit polisi.

Nah, ini belom jam 10 pagi. Kalo macetnya sampe berhenti gini, bayangin kalo nggak ada aturan three in one. Gila kan??

Makanya gue selalu bermimpi... Jakarta punya MRT!!

1 comment:

sicantikmonik said...

selamat mimpi MRT atau lari-2 kayak Desry n Yanto ...