Friday, December 23, 2011

Marriage is a Crazy Thing


Ini film Korea Selatan. Baru aja gue temuin di Youtube pas lagi nyari2 film romantic comedy (romcom) Korea. Tanpa melihat posternya dulu, gue pikir Marriage is a Crazy Thing jenis film dudul karena judulnya ada "crazy"nya. Well, ternyata gue yang dudul, karena ini film drama.

Meski nggak sesuai harapan, alias bukan romcom melainkan drama, tapi gue tonton juga film ini ampe abis. Awalnya, karena di 10 scene pertama aja ada sex scene yang cukup liar. Hahahaa. Tapi selanjutnya, gue bertahan nonton sampe tuntas karena ceritanya ternyata dalem, plus akting dan chemistry pemain-pemainnya yang top.

Marriage is a Crazy Thing bercerita tentang pencarian teman hidup. Joon Young, seorang dosen sastra Inggris, bertemu Yun Hee, seorang desainer lampu di sebuah kencan buta. Ini bukan kencan buta pertama buat masing-masing. Tapi sejak itu Joon Young dan Yun Hee tak bisa berpisah lama-lama. Mereka saling kecanduan secara fisik dan emosional. Padahal cita-cita hidup Joon Young dan Yun Hee bertolak belakang.

Yun Hee menginginkan suami kaya, yang bisa menjamin kenyamanan hidupnya secara finansial. Sedangkan Joon Young hanyalah seorang dosen tidak tetap, penghasilannya pas-pasan, dan tidak mau menikah karena takut menjamin hidup seorang istri.

Karena itu Yun Hee tetap mencari calon-calon suami yang sesuai keinginannya. Ada dokter, lawyer, yang notabene berpenghasilan tinggi dengan kehidupan sosial kelas A, tapi tak ada yang bisa mengalahkan ikatan emosional Yun Hee pada Joon Young. Nah, Joon Young juga begitu. Meski dia kencan sama perempuan lain, tapi tetap baliknya ke Yun Hee lagi. Bahkan buat Joon Young, akhirnya tak ada perempuan lain selain Yun Hee.

Yun Hee akhirnya menikah dengan seorang dokter, pria yang sesuai kriterianya. Sedangkan Joon Young tetap dengan hidupnya yang stagnan. Hubungan keduanya sempat garing. Tapi seperti sepasang soulmate, mereka selalu bersama lagi. Apa pun yang telah terjadi, Yun Hee tetap mempertahankan Joon Young sebagai kekasih gelapnya, dan Joon Young tetap bertahan jadi kekasihnya, serumit apa pun hubungan mereka, bahagia meskipun getir.

Menang awards

Marriage is a Crazy Thing adalah film Korea Selatan produksi tahun 2002. Ini film kedua Yoo Haa, penulis-sutradara yang juga dosen dan penyair kontemporer. Menurut gue, ini film bagus banget, baik secara isi maupun gambar. Tapi gue nggak nemuin informasi apakah film ini menang awards atau tidak. Kalau pemain-pemain utamanya sih dapat penghargaan dari festival-festival film di negerinya.

Kam Wu-Seong yang berperan sebagai Joon Young, menyabet gelar Best Actor di Grime Awards 2002 dan Best New Actor di Korean Film Awards 2002. Sementara Uhm Jum-hwa yang berperan sebagai Yun-Hee merebut Best Actress di Baeksang Arts Awards 2003.

Potret perempuan di Korea?

Sejumlah penonton yang komentar di imdb, yang notabene dari negara-negara di luar Korea, menyayangkan film ini nggak terkenal di negara mereka (dibanding apa ya?).

Tapi ada komentar menarik, yang bilang kalau kondisi Yun Hee di film Marriage... banyak terjadi di Korea Selatan, negeri yang maju secara teknologi dan ekonomi tapi membuat hidup penduduknya kering lantaran tekanan pekerjaan, sosial dan budaya. Perempuan-perempuan mencari suami berpenghasilan tinggi agar hidup mereka aman secara finansial, namun harus memendam ego dalam-dalam ketika suami-suami mereka selingkuh akibat tekanan dan/atau hubungan kerja. Yang penting hidup mereka sudah terjamin. Tambahan lagi, budaya di sana mewajibkan istri mengabdi ke suami. Nah, karakter Yun Hee mewakili pemberontakan perempuan-perempuan yang tertekan egonya, ketika ia mempertahankan suami yang menjamin hidupnya, sekaligus mempertahankan perselingkuhan, partnership (and love of her life?) dengan seorang dosen miskin.

Mungkin kondisi Yun Hee dan Joon Young bukan kondisi umum di Korsel, tapi jelas ada. Film Marriage is a Crazy Thing menangkap itu dan menggambarkannya dengan sederhana, lalu menyisakan diskusi buat penontonnya. Satu dari sekian film Korea yang bikin gue banyak belajar lah. Belajar apa? Hehehee, menurut lo apa??

1 comment:

sicantikmonik said...

hadohhhh ... jd pingin nonton. Tapi drama yaaa .... hmmm mungkin sex scene pertamanya aja deh, hihihihi