Thursday, September 01, 2005

'Undangan' dari Solo

Lama nggak liat pertunjukan seni, akhirnya gue membiarkan diri masuk Gedung Kesenian Jakarta buat nonton Kolaborasi Tari Korea-Indonesia.

Tadinya gue pikir, yang muncul bakalan tari Korea. Itu tuh, yang para penari ceweknya pake kimono Korea, bawa kipas, terus nari membentuk lingkaran madep luar dengan kipas-kipas dijejerkan sambung menyambung… lalu lingkaran itu berputar.

Ternyata jauh….

Yang muncul emang penari Korea. Namanya Sen Hea Ha. Tapi dia nggak nari Korea, melainkan nari Jawa. Yah, nggak Jawa banget sih. Paduan tari klasik Jawa Solo campur balet gitu. Hasilnya? Tari kontemporer keren. Tapi yang lebih keren lagi… kemben batik dengan sedikit payet, dipadu rok panjang A line. Anggun banget… :)

Sepanjang hampir dua jam pertunjukan, si Sen ini muncul beberapa kali. Tapi dua kali dia tampil pake kebaya. Sumpah itu kebayanya keren abis. Ijo royo royo. Paduannya rok batik motif nggak tau apaan. Terus dia pake selendang merah buat diselempang di leher, sama sepatu merah berhak tinggi yang seksi tapi kokoh. Dengan kostum begitu, dia nari. Sama juga, jawa klasik campur balet. Aaaah, keren banget…. Narinya, kostumnya… Gue nggak mau komentar sok nyeni deh. Gue cuman manjain mata.

Iseng gue intip lembar program. Oohh, pantes. Pantes kostumnya keren. Yang ngerancang Iwan Tirta!

Tapi lupakan dulu baju Iwan Tirta. Soalnya ada lagi yang lebih menarik gue. Enam penari asli Solo (dari Taman Budaya Surakarta Dance-Theatre Studio) tampil medley rame-rame. Lewat tarian kontemporer berbasis klasik Jawa, mereka “nyeritain” kota Solo, yang kehidupannya serba tenang adem ayem tentrem. Yang punya pasar batik Klewer yang terkenal ke mana-mana. Yang punya stasiun Balapan, lengkap dengan hiruk pikuk penumpang bersuara medok dan lengkingan kereta tuuuut tuuuut jes jes jes… jes jes jes….

Para penari juga “nyeritain” betapa orang Solo sering nongkrong di Warung Wedangan (Hik namanya), di mana mereka minum teh anget sambil ngemil gorengan, curhat, ngomongin ide, melepas kangen sama temen-temen atau orang yang dituakan… dan pastinya sama yayangnya (kalo punya, hehehe).

Di sela musik kontemporer yang nggak rumit-rumit amat, sinden nyadran, dan suara penari yang bersahutan… eh lamat-lamat terdengar lagu keroncong Bengawan Solo. Lama-lama jelas... itu suara Gesang! Rekaman memang, tapi… aaaah, jadi pengen ke Solo…!!

Ok, tahan emosi… Mari kita simak lagi Solo yang dibawakan para penari. Ada penggambaran kesibukan pagi hari, yang penuh dengan orang-orang naik motor untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Kota kecil kayak Solo kan emang motor rules. Praktis. Yang ngemudi motor juga macem-macem. Dari cewek seksi pake rok mini, mahasiswa mahasiswi, mas-mas pekerja kantor sampe bapak-bapak berlilit bebetan kain batik.

Juga di’cerita’in betapa perempuan Solo itu lemah lembut tapi tegar. Kalo jalan bak macan lapar. Bikin orang jadi terkapar. (sudah hentikan rhymes gak mutu itu, Dit).

Dan puncaknya, ketika para penari nunjukin produk-produk makanan jajanan mereka, kita penonton dibagi! Mereka sengaja turun ke bangku penonton untuk nyodorin langsung kue-kue di tampah mereka. Gue dapet kue pisang, temen gue dapet wingko. Lumayan buat ganjel perut laper… :)

Gue baru dua kali ke Solo (eh tiga kali, kalo transit makan bubur ayam di halaman stasiun juga diitung). Sebagai orang Jakarta yang terbiasa dengan suasana hiruk pikuk, ke Solo seperti ke oase. Segmen tari 42 menit itu cukup buat bikin gue inget lagi jam-jam panjang yang berjalan melambat di kota itu. Tenang. Tentram.

Apa gue kabur aja ke Solo?

1 comment:

Anonymous said...

setuju! kabur aja hehehe