Saturday, September 03, 2005

Long Weekend

Akhirnya kabur juga dari Jakarta. Kemaren, waktu berangkat, Pak Bambang si tetangga langsung mengernyit begitu pagi-pagi gue udah keluar pager sambil nyangklong tas. "Liburan dulu, Pak...". Dia heran kali. Nggak pernah liat gue kerja, tau-tau gue liburan. Hehehhe....

Destination : Kawah Putih, kabupaten Bandung.
Tujuan yang sempat dicela-cela Siska, wartawan surat kabar asing di Jakarta yang bertaun-taun tinggal di Bandung. Gimana nggak dicela. Soalnya jomplang banget sama tujuan semula : Bromo. Yah... nggak ke kawah Bromo, Kawah Putih pun jadi :p

Nggak nyangka, ternyata dari kota Bandung perjalanan makan waktu juga ya. Dua jam lebih, udah termasuk nyasar jalan :). Tapi nggak berasa karena di sepanjang jalan banyak ocehan.

Dari nebak-nebak tanda jalan yang nggak jelas, sampe impulsif pengen ngubah tujuan ke tempat yang lebih jauh. Ke Garut, misalnya.
Dari ngomentarin rumah para petani stroberi, sampe kebingungan ngeliat ada kompleks perumahan yang jauh di tengah sawah (udah gitu, kita mikir yang punya rumah kerjanya di Kopo, Bandung).
Dari cerita Shanty yang ngaku pertama kali liat sawah setelah kuliah (itu pun karena ikut KKN) sampe Wiendy yang pernah begitu penasarannya sama sebuah pantai, sampe bela2in naik angkot ke sana, dan nggak nggak nyadar kemaleman gara-gara perjalanannya makan waktu 6 jam.

Kami tetep menuju Kawah Putih. Ngelewatin kebon stroberi yang metik sendiri. Pengen mampir. Tapi begitu liat udah jam 3 sore, hmmm... kayaknya mendingan naik ke kawah dulu kali. Takut kabut keburu turun, ntar nggak liat apa-apa. Udah Bromo nggak dapet, masak Kawah Putih doang juga nggak dapet :)

Belasan menit dari kebon stroberi, melaju di jalan di tepi jurang, lalu perjalanan panjang berasa nyaris selesai begitu liat plang besar bertuliskan Kawah Putih. Horeee!! Tapi begitu masuk gerbang, ada lagi perjalanan nanjak yang seperti nggak berakhir. Kok nggak nyampe-nyampe ya? "Jangan-jangan... jalanan ini nembus ke kebon stroberi yang tadi...".

Jadi ya, nikmatin aja deh jalan sempit berliku-liku itu. Saking sempitnya, kalo ada mobil dari arah depan, roda masing-masing mobil yang berpapasan akan menginjak tanah. Untung masih tanah... bukan jurang.

Akhirnya... Kawah Putih... kami datang!

Bagus. Nggak terlalu mencengangkan sih, tapi bagus. Bikin semuanya jadi banci foto. Maunya dipotret, bukan motret. Shanty si tuan rumah --sekantor sama Siska-- niat ngirim foto2 itu ke Siska. Biar dia ngiri, katanya. Tapi yang pasti si Siska nggak akan ngiri kalo tau kita nyaris nggak pulang. Kami sempet nggak bisa masuk mobil. Mobil Shanty nggak bisa dibuka gara-gara batre kuncinya kedinginan.
Kami terancam bermalam di area kawah putih, dan waks... mulai menggigil... nggak siap perabotan lenong buat nginep di kawasan bersuhu sekitar 10 derajat Celcius. :)

Ah, yang bikin menyenangkan itu bukan foto-foto di sana. Tapi kegembiraan perjalanannya yang nggak terganti. Ada ketawa-ketawa lucu. Ada pengalaman garing. Ada rasa penasaran tentang apa yang akan kita liat. Ada cerita baru yang bisa diceritain ke temen-temen dan orang-orang rumah.

Tiba-tiba, jadi kangen rumah.

(dari Bandung)

No comments: