Friday, July 17, 2009

Does Age Matter?

Selama ini gue selalu jujur berapa umur gue. Mau ngisi lembar data kek, mau ditanya sama brondong kek :), gue ngaku aja. Gue pikir, ngapain nyembunyiin angka itu. Toh meskipun umurnya udah banyak, kalo emang nggak dewasa, ya nggak dewasa aja. Atau... kalo emang berjiwa muda, ya kesannya muda aja. Hehehehee.

Tapiiii, obrol-obrol sama temen bikin gue mikir, mungkin perlu juga sesekali ngediskon umur ya. Biar kesannya jauuuuuuuuh lebih muda. Mungkin dikorting sampe ceritanya gue ABG, gitu. :p

Emang siy, gue belom pernah ketemu produser yang bilang langsung, ato tektok melalui temen, yang mempersoalkan umur gue. Tapi ada seorang temen yang gagal dapet channel project gara-gara umurnya. Jadi, ada produser, sebut aja namanya si P, lagi nyari sutradara untuk sebuah reality show. Nah, si P lalu sms temen gue... begindang berbalas sms-nya:

P : Mel, punya kenalan sutradara nggak?
M : Punya. Hasil garapannya pernah masuk nominasi FFB, meski nggak menang.
P : Umurnya berapa?
M : 42. Kenapa?
... lama nggak ada jawaban... lalu...
P : Ada yang MUDA nggak?
*dueng!*

Apa artinya? Does age matter?? Padahal si produser itu nggak kenal si sutradara lho. Padahal si sutradara nominator FFB itu... boleh lah umur 42... tapi kalo ditugasin garap tayangan anak muda, gue yakin dia cukup adaptif lho... dan gue juga yakin doi bisa tuh bela-belain jadi ABG!!

Sepengetahuan gue, sutradara, penulis, kru, dan orang-orang yang berkecimpung di dunia audio visual banyak yang susah ditebak berapa kira-kira umurnya. Sebabnya ya itu tadi, meski umur udah banyak tampang dan pikiran tetep muda. Gue pernah menyangka seorang penulis senior umurnya 30an awal. Ternyata... doi umur 40 lebih. Gue aja pernah dituduh umur 24 tahun! Beneran. (nggak tau ya kalo yang nebak itu cuman ngeledek ato basa basi, hehehheee).

Sebaliknya, gue juga pernah baca tulisan orang yang umurnya pertengahan 20an tapi bahasanya... ampyuuuun... dewasa banged. Nggak mecing deh sama dialog2 pangsa pasar film ABG, apalagi kalo karakter anak2. Nggak cuman bahasa kali, kadang jalan pikiran anak-anak kan juga nggak sama ama orang dewasa. Nah... ada aja kan cerita / film anak-anak yang karakternya anak-anak tapi jalan ceritanya dewasa?

Oke, umur bisa berpengaruh ke identifikasi tua ato muda. Misalnya, karena gue umur 30an, dan temen-temen sekolah gue umurnya juga segitu, jadi pas ngumpul sama mereka, yang rata-rata udah menikah, udah kerja, malah ada yang punya bisnis sendiri, bahasanya serius tapi santai.
Tapi pemakaian bahasa juga dipengaruhi kemampuan adaptasi ke audiens-nya. Misalnya kalo gue ngomong sama keponakan gue yang masih 3 tahun yang dunianya kebanyakan seputar main mulu. Kalo gue mau berkomunikasi sama doi, ya gue mesti nurunin derajat kesulitan bahasa lah. Dan nggak mungkin gue ngomongin masalah berat keluarga ato bisnis sama si ponakan.

Ada lagi contoh. Dua sepupu gue, sama-sama SMA, malah bahasa dan jalan pikirannya beda jauuuuuuuuuuuuuh banget. Yang fasilitasnya serba cukup, anaknya lebih manja, bahasa yang dia pake sangat Prambors dan maunya serba gampang. Yang fasilitasnya serba nggak cukup, anaknya lebih dewasa, bahasanya lebih “berat” ala penyair, dan doi yang masih SMA itu lebih bertanggung jawab mikirin gimana keluarganya bisa survive. Nah, kalo begini, apa umur bisa jadi bahan generalisasi? Menurut gue nggak. Age doesn't matter!

Jadi gue berharap, kalo ada produser ato siapa lah di luar sana, kalo mau ngasih project nggak usah liat-liat umur... hehehhee.... liat karyanya dan bisa ato nggaknya kerjasama. Ya? Mau ya?

Tapi bentar. Ada apa nih? Kok ada bayangan item mendekat di samping gue. Oh.... ternyata si sutradara 42 tahun itu ngintip tulisan ini, yang gue ketik di netbook kesayangan gue, Acer A105 berlayar 8,9 inci.... yang segala font berukuran 12 akan terlihat miniiiii sekali jika dilihat pake resolusi 100%.

Dita : Hah? Lo mau baca juga ya, Bang? Bentar ya, gue gedein dulu resolusi layarnya... jadi 150%.
Abang Sutradara : Sialaaaaaaaaaaaaaaannnn!!!

Ternyata, age DOES matter.

No comments: