Thursday, September 21, 2023

Ada Drama di Expendables 4

Dengan adanya Iko Uwais dan Tony Jaa di jajaran cast, ekspektasi saya menonton Expendables 4 (2023) adalah ada suguhan martial art yang keren di antara tembakan-tembakan senapan otomatis dan ledakan-ledakan yang buat saya membosankan. Ternyata yang saya dapatkan lebih dari itu. Dan itu bikin Expendables 4 makin asik ditonton.  

Saya mendapatkan drama. Ya, ada drama di segmen awal film ini. Buat saya ini menyegarkan, karena di tim Expendables bisa ada yang mati. Kematiannya memicu anggota tim yang lain merasa kehilangan, mendorong motivasi mereka mengalahkan lawan makin besar, sebab ada niat balas dendam, lebih besar dari sekadar motif terima bayaran seperti yang muncul di Expendables sebelum-sebelumnya.

Tenang, ini tidak menjadikan Expendables 4 film drama. Tetap film action, dengan banyak tembakan dan ledakan, juga kejar-kejaran mobil di gudang besar di daerah gurun, serta umpet-umpetan di kapal tanker raksasa, plus adegan berantem tusuk-tusukan belati. Action-nya intens. Seru. Untuk sejumlah menit durasi ada rasa film Rambo, di mana satu prajurit sendirian menghabisi banyak sekali prajurit lawan. Tapi karena ini film dengan ensemble cast banyak yang terkenal, cast yang lain pasti muncul dan beraksi bahu membahu menyelesaikan misi.

Cast Asia lumayan banyak di sini. Mungkin itulah yang membuat film ini banyak adegan tarung tanpa senjata api. Tony Jaa beraksi dengan Muaythai-nya, dan Iko Uwais yang jadi penjahat utama dengan silat-nya. Kalau Jason Statham saya tidak tahu dia martial art apa. Yang jelas dia menang kalau aksi martial art, secara di film ini dia jagoannya. 

Sebagai sisipan cuci mata, ada adegan bobo-boboan antara Jason Statham dan Megan Fox, pacarnya yang juga agen CIA dan tergabung dalam tim Expandables. Jadi film ini dapat rating R, karena memuat adegan kekerasan, darah-darah muncrat, hingga adegan seksual. 

Oiya, ada satu lagi yang saya suka dari judul ke-4 film waralaba milik Sylvester Stalone ini. Tanpa mengabaikan pemain-pemain tuanya yang berkarakter kuat, di sini pemain muda-nya lebih banyak. Pergerakan merekalah yang bikin adegan-adegan action di film ini dinamis.

Expendables 4 tayang di bioskop mulai 22 September 2023. Recommended? Untuk penikmat film action, jawabannya YES!  

No comments: