Friday, October 31, 2014

Nasehat Bukan Pedagang Toko Online untuk Pedagang Toko Online

Gue males buka facebook. Soalnya pernah dibanjiri tag dagangan online sejumlah temen (yang ternyata nggak kenal banget juga). Karena itu, pas ada sepupu yang mulai pakai facebook-nya untuk dagang online, gue japri dia. “Dek, kalo dagang jangan nge-tag gue yak. Capek un-tag-nya. Hehehee”. Sent. Dan gue merasa hidup lebih damai dengan mengurangi satu tagger. 

Ternyata perasaan gue nggak damai bo. Gue merasa bersalah. Kasian gitu, sepupu yang masih mahasiswa, pengen belajar cari duit sendiri, kok ya sepupunya yang cakep dan udah mapan ini nggak mendukung. Lagian gue harus jujur pada diri sendiri *halah*, kalo sejak gue install instagram, gue juga suka liat display dagangan online orang lain. Gue bukan follower mereka… tapi barang-barang lucu yang mereka jual gampang gue temuin berkat tanda sakti bernama hestek (#).

Nah, berdasarkan pengalaman itu, gue suruh aja sepupu gue posting dagangan di instagram juga. Pakai hestek sevariatif mungkin. Gue tunjukin caranya. Dia langsung tertarik. Dia juga langsung minta ajarin bikin akun instagram buat toko online-nya! Lalu dia tunjukin deh HP-nya… yang ternyata aslik nggak mendukung aplikasi instagram. :(

Oke… demi bisa beli smartphone, demi merambah instagram, akhirnya sepupu gue itu buka garage sale biar barang lebih cepet laku. Laba yang terkumpul plus duit hasil bobol ATM sendiri akhirnya cukup buat beli smartphone. Gue udah wanti-wanti, meski budget-wise, spesifikasi HP-nya mesti canggih. Soalnya pasti bakal banyak upload foto. Karena itu pilihan jatuh ke sebuah smartphone dengan RAM 2GB, second tapi kinyis-kinyis.

“Smartphone pertamaku!” jerit dia bangga. Pastilah bangga, beli pake duit sendiri gitu :). Untuk datanya gue beliin Simpati biar koneksi internetnya cepet dan bebas blankspot. Terus gue suruh dia login pakai akun gmail yang dia punya. Setelah itu gue tunjukin cara cari dan install bermacam aplikasi yang dia butuhin buat toko online-nya. Ada BBM, Line, Whatsapp, FB, dan tentu saja instagram!

Nah, sejak itu sepupu gue itu nggak bunet alias buta internet smartphone lagi. Sekarang dia udah bebas upload barang dagangan dari mana aja. Nggak mesti dari komputer rumah kayak sebelumnya. Waktu yang dibutuhkan buat upload juga lebih sedikit. Tinggal jepret pakai kamera hp, edit pakai aplikasi di hp, trus upload. Nggak perlu pindah-pindah foto pake kabel data lagi. Praktis!

Mau intip toko online sepupu gue? Nih instagramnya à @geist_shop untuk baju dan asesori casual, @lalita_indo untuk sewa kebaya. Monggo…:)

No comments: