Tuesday, September 20, 2011

Bude Nggak Punya Bahan Obrolan

Gue punya bude-jauh (kakak sepupu nyokap) berumur nyaris 70 tahun. Biar pun udah sepuh, semangat ngobrolnya sangat tinggi. Dia pasti menyapa duluan setiap kenalan yang dia temuin, lalu mengobrol. Ehm, ngobrolnya cenderung nyinyir sih.

Setelah bertahun-tahun ilang kontak, bude dan gue ketemu lagi nih kemaren. Ketemuannya di rumah adek sepupu nyokap, yang karena kehendak Allah baru aja dipanggil ke sisiNya alias meninggal. Gue tadinya nggak ngeh ada dia, dan baru noleh setelah dia manggil-manggil beberapa kali, "Dita! Dita!"

Gue datengin si bude. Cium tangan. Lalu basa basi. Si bude nanya kabar gue, kabar kakak gue, dan anak-anaknya kakak gue.

Bude : Oooo! Terus... kamu kapan nyusul??

Gue : Hah?? *ternganga, inget jenazah di ruangan itu*

Bude : Kok malah hah heh? Kamu kapan nyusul??

Gue : *asli bingung* .... Nyusul siapa??

Bude : Nyusul kakakmu!

Halaaaah! Nggak ada obrolan lain apa ya? Secara di rumah ini lagi suasana duka. Secara jenazah terbaring nggak jauh dari gue dan dia. Masih mending gue nggak tanya balik, "Bude kapan nyusul??".

No comments: