Thursday, August 25, 2005

Take It or Leave It

Gue terbiasa kerja frilens (tulisan bahasa inggrisnya : freelance). Kadang dapet order, kadang rindu order. Kadang kerja gila-gilaan, kadang nyengir doang sambil mengkilatin kuku. Makanya, kata Oneng-nya Bajuri, salah satu tokoh lugu di sitcom ngetop Indonesia (hehe..), "frilens ntu... artinya KAGAK JELAS".

Hayo, yang ngaku pekerja frilens, ucapannya Oneng bener ato nggak? NGGAK?? Ah, masa?? Situ bukan pekerja frilens ya? (maksa). Diragukan deh. Soalnya, yang ngantornya pasti aja suka sambil bete ngaku ...'kerjaan gue nggak jelas nih'.

Contohnya salah satu kenalan, yang di tahun-tahun belakangan nggak puas sama kantornya. Katanya, kantornya dikorupsi lah, salah management lah, boros, nggak menghargai karyawan, dan gaji nggak naik-naik (lupa dalam berapa taun). Dia bertekad keluar. Tapi harus secara dipecat. Biar dapet pesangon. Aksi yang dia lancarkan adalah sering bolos, sering telat, sering lewat deadline tugas.

Lalu dipecatkah dia? Tidak. Kenapa? Dia sendiri juga nggak tau. Beberapa temen pernah ngingetin dia, kalo tu perusahaan juga pinter, mereka nggak mau ngeluarin pesangon. Kasarnya ucapannya gini: Jangan nunggu minta pesangon, keluar ya keluar aja luh!

Akhirnya bukan pemecatan dan pesangon yang dia dapet, tapi justru teguran keras sana sini dan sangsi untuk nyelesain tugas yang keteter. Yah, sama aja dong.

Iseng gue tanya, 'Emang lo yakin kantor lo bisa ngasih pesangon?'. Eh, dia nggak yakin. Soalnya ya itu tadi, salah manajemen. Jadi kantor jatuh miskin. 'Orang-orang yang mundur duluan dapet pesangon gede,' kata dia. Nah! Kalo gitu keluar aja sekarang! Dia nggak mau, karena kalo mundurnya sekarang, cuman dikasih salam dan senyum.

Jadi salah pilih waktu gitu? Hehehe, salah sendiri. Ya udah, yang lewat jangan disesali.

'Nyesel, gila. Pesangon tu berarti banget! Jadi sekarang gue nunggu perusahaan bangkrut aja', kata dia.

'Lo tau, kapan kantor lo bangkrut?' Nggak tau. 'Nah, kalo nggak bangkrut juga gimana?' Dia yakin tu kantor suatu saat bangkrut. Hmm... suatu saat ya? Secara kasat mata, kantornya masih beroperasi, dagangannya masih diserap pasar. Kenyataannya, sampe sekarang dia nggak dipecat juga demi pesangon. Kenyataannya, dia masih nikmatin asuransi kesehatan dari kantor yang dia pakai buat anak-anaknya.

Ini mah, sama aja kayak ngomongin telor sama ayam duluan mana.

'Nggak dong. Program gue jelas. Nunggu dipecat, dapet pesangon, trus ngelunasin utang-utang'.
'Tapi lo nggak yakin kantor lo bisa ngasih pesangon?'
'Nggak, makanya gue bertahan jadi karyawan di sana'

Jadi telor sama ayam duluan mana?

Sebenernya, kalo tujuannya ngelunasin utang, dia bisa aja kerja di tempat lain. Dia sendiri udah ambil kerja sampingan. Tapi lagi-lagi dia nggak puas. Entah bayarannya nggak sepadan, atau dia yang ngerasa nggak bisa-bisa. Yang jelas, dia udah setahun lebih njalanin kerja sampingan dengan status frilens itu. Lama juga ya, untuk sebuah kerja sampingan yang dia nggak puas dan merasa nggak bisa.

Usil ya gue ngomongin orang ini? Hahaha... sebenernya ini lagi ngomongin gue, lagi. Kebetulan gue lagi terlibat kerjaan sama doi. Uhuhuhu... capek lahir batin bow. Lantaran kerjaan doi nggak kelar-kelar, koordinasi susah didapat, frekuensi pikiran sulit sama, dan setelah beberapa lama, keluar deh curhat-curhatnya soal utang dan kantor miss management. Hehehe, gue juga pernah beberapa kali kerja di perusahaan hampir bangkrut, tapi gue cepet ambil sikap. Gue pergi dan nemuin tempat kerja lain di mana gue nggak perlu bete tiap hari.

Gue sih nggak peduli kalo rekan kerja gue jadiin kerjaan ini sebagai sampingan. Yang gue peduli, kalo berani bilang mau ngambil kerjaannya (dan honornya, hehhee), ya berani ambil resiko kerjanya dong. Kalau diminta serius dan komit, ya serius dan komit.Kalo nggak bisa, tinggalin aja. Tapi... tawaran gue untuk ngambil alih kerjaan dia (daripada nggak kelar-kelar, pas jadi salah pula, dan nama gue yang dipertanyakan) ditolak. Mau pake cara paksa, nggak bisa, karena kekuasaan itu bukan dipegang gue, dan keputusannya adalah jangan dioper.

Akhirnya, jalanin lagi. Koordinasi tetep sulit. "Anak gue sakit, kalo dia nangis rasanya kepala gue pengen pecah". Hmmm... no comment. Gue tau kondisinya emang begitu. Gue nggak berani bawel soal itu. Secara gue juga belom berkeluarga, gue takut kualat dan ketulah nantinya. Tapi masak gue harus ikut pusing sama hal yang bukan bagian gue? Kerjaan ini gimanaaaaa??

Ini dia satu lagi ke-nggakjelas-an kerjaan gue. Sewaktu-waktu bisa dapet partner yang bikin sport jantung dan kerja dobel. Take it or leave it... ternyata nggak segampang ngomongnya. Ato mestinya gampang, tapi kita terus terikat ke pertimbangan ini itu yang remeh tapi kita pusingin terus makanya jadi sulit? Tuker tempat yuk. Mau??

No comments: