Friday, November 21, 2014

Cara Bikin Twist Cerita

Twist cerita, atau beberapa teman bilangnya kelokan tajam atau bahkan putar balik cerita, adalah momen dalam cerita yang bikin pembaca/penonton kaget. Mereka ngiranya cerita akan ke mana, taunya beloknya ke mana. Mereka ngiranya pelakunya si A, ternyata si B yang nggak disangka-sangka.

Contoh cerita yang nge-twist : film “The Others” (2001), “Identity” (2003), "Hello Ghost" (2010), "Couples" (2011) dan kalau cari di google akan banyak banget.

Kejutan dari twist cerita ini bisa bikin pembaca/penonton suka atau sebel. Tapi buat gue, twist cerita itu sesuatu yang asik dan perlu. Kadang kalau gue bikin cerita, ketemu twist dengan sendirinya :). Tapi sering juga kalau bikin cerita, plotnya ketebak :(. Makanya, gue ubek2 google untuk cari tau gimana cara bikin twist cerita.

Baca artikel ini, katanya untuk bikin twist cerita itu caranya:

1. Bikin ending terbuka
Cerita dibiarkan menggantung, biarkan pembaca/penonton yang nebak-nebak endingnya. Tapi berdasarkan pengalaman, ending terbuka ini kurang seksi di tayangan tv. Penonton tv maunya yang tuntas. Bahagia ya bahagia. Dapat hukuman ya dapat hukuman.

2. Pakai narrator yang nggak bisa dipercaya
Karena biasanya orang tuh percaya aja sama yang dikatakan narrator dalam sebuah cerita. Ketika audiens percaya kalau cerita yang dibawakan narrator akan menuju ke arah tertentu… (meski tentunya sudah ada petunjuk keciiil aja bahwa narrator gak sepenuhnya bisa dipercaya) .. maka pas penutup ceritanya beda dari giringannya si narrator, ini akan jadi twist.
Contoh: Alfred Hitchcock Presents the series.



3. Pelintir karakter cerita
Misalnya orang yang baik ternyata dia jahat. Orang yang keliatannya jahat taunya dia malaikatnya.

4. Langsung awali kisah dari klimaks cerita
Dengan cara ini, pembaca/penonton jadi bertanya-tanya ada apa??? Kan masih sedikit info tuh tentang siapa ngapain dalam situasi apa. Jadi orang bebas nebak-nebak.  

5. “Kill your darling”
Sebenernya di artikel aslinya tidak ditulis begini, tapi gue suka sama istilah ini. Singkat padat. 

pic from askthehamadabrothers.tumblr.com
Gambaran Kill Your Darling begini: kalau di cerita ini ada yang dikagumin, yang diharap bisa nolong tokoh utama, tempat si tokoh utama bergantung… musnahkan saja. Matiin kek, bikin sakit gak bisa apa-apa kek, diculik kek, difitnah kek… lalu lihat apa yang akan dijalankan si tokoh utama.


Ada banyak lagi tulisan yang ngasih tips cara bikin cerita yang nge-twist, tapi so far inilah yang paling gue paham.

Yuk, mari nge-twist.

No comments: