Monday, September 08, 2014

Pemilik Gadget yang Terdampar Tanpa Bisa Hubungi Siapa-siapa.

Hari ini gue janjian sama seorang temen di sebuah cafe. Sebut saja nama temen gue tuh Ade. 

Tapi sebelumnya gue ada meeting sama orang lain. Tadinya rencana meeting di lokasi yang udah gue janjian sama Ade itu. Tapi lalu dia minta pindah. Oke, gue whatsapp lah si Ade untuk ngabarin pintong alias pindah tongkrongan. Dan Ade udah reply juga di WA. Trus dia nunggu reply gue. 

Ternyata... sebelum gue bales lagi pesan Ade, HP gue mati. Pas banget pas ada orang production house (PH) nelpon gue . Gawat. Gue nggak cuman butuh ngabarin Ade, tapi gue juga butuh terima kabar dari PH. Maklum bo, kerjaan. 

HP gue mati, ilang deh komunikasi gue dengan dunia luar sana. Mana orang yang meeting ama gue tadi udah pergi. Jadilah gue sendirian di cafe. Hmmm... nggak sendirian juga sih. Ada beberapa pengunjung lain, di meja masing-masing.  

Untuk ngisi batre, gue langsung mikir pakai aja Bank Kekuatan alias Powerbank. Kebetulan pas bawa yang 10ribu mAh. Mantaaaaapp. Ngecas deh. Semenit, lima menit, sepuluh menit... hmmm... kok nggak ada tanda-tanda HP gue hidup lagi? Kayaknya nggak mungkin di powerbank nggak ada daya. Kan udah gue cas semalaman. 

Daripada nunggu si powerbank nggak jelas, akhirnya gue cas HP pakai laptop deh. Trus? Nyala? Tidak juga. Hwaaaaaaaaaaaaaa. 

Teteeuup gue butuh stopkontak buat ngecas HP langsung ke listrik! Jadi gue jelalatan nyari port stop kontak di cafe ini. Wuidiii, nggak ada yang nganggur. Sama yang make nggak boleh dicopot. Yah, dimaklumin aja. Gue juga kalo lagi pakai laptop dan batrenya belom maksimal nggak akan mau copot charger. Nah, kalo cas di kasir? Nggak boleh. Stop kontaknya dipake buat mesin jus. 

Akhirnya gue bertahan ngecas HP di laptop. Nasib... HP masih nggak bisa nyala, gue masih nggak bisa ngecas, masih nggak bisa menghubungi orang di luar sana. 

Oh! Ada ide!! Mention Ade aja di twitter! Mumpung laptop gue lagi nyala juga. Mumpung cafe ini free wifi. Tanya passwordnya ke mbak kasir. Ketik paswordnya... dan terhubung! Horeeeeeeeee!! Buka www.twitter.com... semenit, dua menit, lima menit, eh eh... kok nggak muncul-muncul ya halaman depan websitenya. Koneksinya lelet bingiiits! Gue di-PHP-in sama free wifi!

Jadi mata gue jelalatan lagi cari bantuan. Plus, gue mulai ngelongok meja tetangga. Ternyata tetangga yang ngelaptop pakai modem sendiri. Okelah kalo begitu. Gue juga punya modem. Tadi berusaha nge-wifi kan biar irit pulsa modem :). So, gue keluarin deh modem gue. Colok. Konek. Aha!! Internetnya lumayan kenceng! Selamat! Gue bisa nge-twit ke Ade! 

"HP gue mati. Gue di DD dpn TT ya :)". 

Klik send. Nah, semoga Ade baca mensyen gue di twitter. Jadi dia nggak perlu galau karena gue nggak ada di cafe tempat pertama kita janjian.  

Tapi terus terang gue kuatir Ade nggak baca mensyen twitter. Emangnya gue, yang begitu di-mention langsung dibaca?? Meski Ade pake smartphone, tapi bisa aja toh nggak baca? Atau... jangan-jangan twitter gue nggak kekirim... dan nggak masuk ke tab mensyen-nya?? Aaaaaaaaaaaaaakk!!! 

Buat ngetes apakah twitter gue kekirim, gue mensyenlah temen-temen di Akber Bekasi. Serombongan. Kebetulan sebelumnya gue meng-email mereka. Jadi bisa sekalian konfirmasi email masuk atau nggak. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Ihiiiiiy. Lalu reply mereka satu per satu masuk. Okesip. Berarti gue twitter gue terkirim, dan bisa nerima mensyenan juga. Kalo reply Ade nggak muncul, mungkin emang dia lagi nggak ngurusin twitternya. #inipersoalan. 

O iya. Kenapa gue nggak cabut aja dari cafe? Ya syulit juga ya. Ade kan udah gue kabarin untuk ketemuan di HP ini. Ntar dia ke sini gue nggak ada, kacau lagi dah. Jarang-jarang ke daerah sini. Dan sudah bertekad untuk ketemu dia hari ini untuk ngomongin banyak hal termasuk untuk komunitas.

Trus gimana gue bisa terima telpon dari orang PH??? Mikir. Akhirnya gue cabut SIM card HP gue, gue masukin ke modem. Kebetulan modem gue bisa nampilin SMS, dan bisa terima telpon. Jadi gue bisa perlakukan modem dan laptop sebagai HP :)))))

Bener juga. Begitu SIM card HP masuk ke modem lalu konek, nggak lama kemudian ada telpon dari PH. Berhubung di cafe, brisik, banyak noise, jadi gue buru-buru pasang earphone. Suara mbak-mbak dari ujung sana kedengeran. "Halo2" dua belas kali, kira-kira. Sementara gue sibuk nyariin lubang mic-nya laptop gue. Alhasil, sembari "Halo2" juga, gue ngomong di depan setiap inci permukaan laptop. Berasa orang gila.

Parahnya, mbak-mbak PH bilang "Mbak Dita... suaranya kok jauh sekaliiiii". Lalu gue makin deketin deh mulut gue ke permukaan laptop. Satu sentimeter lagi gue dan laptop bisa ciuman.

Sayangnya, mbak-mbak PH tetep bilang kalo suara gue terdengar terlalu jauh. Jadi sambungan terputus. Ya Allah, semoga besok masih bisa aku telpon ya... Ini udah jam 5 kurang. Udah sore banget mepet jam pulang kantor.

Kemudian ada suara menyenangkan. Nada khas HP kalau baru ON. Rupanya setelah dicas sekitar setengah jam... ((( setengah jam ))) Hp gue idup lagi. Nggak papa. Tetep bersyukur!!! Buru-buru deh gue pencet nomer telpon PH tadi. Kali ini dari henpon beneran, bukan dari modem+laptop yang bikin gue nyaris ciuman (sama laptop).

Ternyata cobaan belum berakhir. "Pulsa Anda tidak cukup". Haaiyaaaah. Rupanya pas SIM card HP gue masuk ke modem, dan konek, banyak laman website yang masih kebuka... dan menyedot banyak pulsa. Twitter yang updating terus misalnya. Trus gmail. Trus gambar-gambar gif. Wuiiiih... bukan paket data lho yang berkurang... tapi pulsa!! Nggak ngerti juga gimana nih itungannya operator.

Jadi sisa pulsa gue di HP sekarang antara 900 perak sampai 1000 perak. Nggak cukup buat layanan beli pulsa via mbca. Jadi gue pakai lah sisa pulsa itu untuk SMS Ade dan mbak PH. Ngasih tau kalo hengpong ngadat.

Karena hanya cukup untuk 3 SMS, jadi pesan harus sepadat mungkin. Untung Mbak PH maklum. Sementara Ade reply SMS sambil gubrak. Nah, setelah kirim dua SMS, gue mau pake SMS ketiga alias terakhir untuk reply Ade. Eeeeeeeeeeeeeeeeeeh.... ternyata sodara-sodara... SMS ketiga nggak bisa terkirim! Padahal pulsa masih 400an.

Emang berapa sih tarif SMS sekarang????

Akhirnya, dengan 90 persen yakin Ade akan ke cafe ini... gue lumayan tenang. Nggak jelalatan lagi cari-cari cara lagi. HP gue taroh aja di samping laptop, nggak dioprek kayak sebelumnya. Untunglah nggak lama setelah itu Ade nelpon gue, mastiin gue di dalam cafe. Ketemuan deh!!

Dan niatan gue untuk ngelempar HP saking keselnya tadi akhirnya batal. Alhamdulillaah...


No comments: