Friday, March 08, 2013

Nggak Mau Kehilangan Momen

"Nggak mau kehilangan momen," adalah alasan Mama kalo tetap ngurusin Eyang Putri meski Mama udah kecapekan.

Usia Mama 59 tahun. Eyang Putri 78 tahun. Mama sudah pensiun, tapi masih ngajar Bahasa Inggris 2 kelas seminggu biar nggak tumpul, plus les ngaji 2 kali seminggu, plus bolak balik ke rumah kakak untuk nginep dan main sama 3 cucu yang lagi lucu-lucunya. Eyang Putri? Udah hampir 5 bergantung 95% pada orang lain (baca: suster yang dikontrak untuk mendampinginya hampir 24/7). Eyang Putri tinggal di rumah Om, salah satu adik Mama. Sehari-harinya... sama Suster. (Makasih Om dan Tante yang ketempatan Eyang. Semoga besarnya pengorbanan merawat ortu renta di rumah memperbesar rizki).

Balik lagi ke Mama....

Mama selalu kepikiran Eyang Putri. Eyang Putri ditinggal-tinggal Suster nggak ya? (secara udah pasrah tiduran mulu). Sering diajak ngobrol nggak? (secara Eyang Putri udah diem melulu). Apakah formulir kontrol yang Mama bikin (nyontek dari RS) terisi bener ato asal-asalan? Siapa aja yang sering jenguk Eyang? (pertanyaan terakhir selalu jadi misteri, bukan misteri siapa yang jenguk, melainkan misteri siapa yang mau menyempatkan waktunya untuk jenguk).

Karena selalu kepikiran, maka Mama selalu bela-belain nengok Eyang. Pagi nengok, malem nengok. Kadang pagi nengok, siang tetep di situ, sore masih di situ, malem baru pulang. Ayah sampe sebel karena merasa dicuekin. Hihihiiii.Sementara Mama merasa udah minta ijin.

Kalo waktunya Eyang Putri cek up ke RS, Mama akan pusing. Mama sibuk ngatur hari dan jam berapa Eyang Putri ke RS, siapa anggota keluarga yang akan nemenin (jangan cuman sama suster),  ngatur catatan, uang yang akan keluar, juga urusan pendaftaran pasien di hari H. Biasanya sih end up-nya yang nganter Mama sendiri (sama Ayah), gue, atau ada lagi salah satu adik Mama yang rumahnya dekat rumah kami. Orang lainnya paling supirnya Om atau suster.  

Suster juga ngasih PR. Kalo dia minta cuti, pasti Mama cari infal, briefing infal, juga ngawasin kerjaannya. Maklum, Eyang Putri itu beberapa kali sehari harus dipindah ke kursi roda. Dengan kondisi badan serba kaku akibat penyakit, tekniknya juga harus diperhatikan, biar nggak menyakitkan Eyang Putri.

Pernah Mama sedang senang-senangnya main sama cucu, ditelpon susternya Eyang Putri yang mendadak minta cuti. Anak sakit adalah alasan si suster. Alhasil, Mama (dan Ayah) naik taksi ke rumah Om (tempat tinggal Eyang Putri sekarang) untuk nego sama si suster agar tidak dadakan. Maklumlah waktu itu Om dan Tante yang punya rumah lagi Umroh. 

Melihat jumpalitannya Mama mikir dan berbuat untuk Eyang Putri, gue sama Ayah suka protes: Kok nggak sayang ama diri sendiri sih??? Tapi Mama malah ngambek kalau diprotes. "Mama nggak  mau kehilangan momen!" kata Mama.

"Mama mau ngerawat Eyang Putri waktu dia masih hidup, masih bisa denger, bisa lihat. Mama mau puas-puasin deket Eyang Putri. Mama nggak mau waktu Eyang Putri udah meninggal, baru nyesel kenapa nggak ngurus orang tua...."

Mulia bener Mama....

Padahal Mama sendiri juga sakit. Lever. Konsumsi obat udah seumur hidup. Bolak balik cek up ke dokter. Nggak boleh capek. Pikiran nggak boleh terbebani. Tapi masih aja Mama jumpalitan....

Dan gue baru aja menemukan tafsir baru dari kalimat Mama "Nggak Mau Kehilangan Momen".

Gara-garanya, kami lagi ngobrolin lucunya kelakuan cucu-cucu Mama (alias keponakan gue). Di ujung pembicaraan seru itu, Mama yang habis ngerawat luka-luka di badannya (efek penyakit) bilang, "Untuk cucu-cucu, Mama Nggak Mau Kehilangan Momen".

Dueng! Kesannya Mama ngomongin ujung usianya sendiri. Gue langsung sesak nafas. Untung ada BB yang bisa jadi pengalih. Kalo nggak, mungkin Mama bakal liat kalo mata gue berair.

InsyaAllah Mama nggak kehilangan momen yaaa. Anak-anaknya Mama juga. Cucu-cucu Mama juga. Dan soal umur, semoga kita nggak kehilangan momen untuk persiapan menuju umur terakhir. Aamiin.


No comments: