Wednesday, June 21, 2006

Terbalik

Ingat tulisan “AMBULANCE” di hidung mobil ambulans? Terbalik bukan? Manfaatnya, biar pengemudi mobil depan akan langsung membacanya secara normal, sesuai aksara Latin dan bukan aksara Rusia.

Tapi biar pun gue nggak pernah nyetir di depan ambulans, akhir-akhir ini, gue terlatih untuk membaca terbalik ala tulisan ambulans. Sebabnya adalah demam nonton bola. Lho, apa hubungannya?

Jadi gini loh. Televisi gue letaknya di belakang punggung gue. Padahal, sering tuh pas gue masih kerja, pertandingan dari Piala Dunia 2006 tayang dengan serunya di tv. Karena meja kerja gue udah kepantek di tembok tempatnya sekarang, maka sulitlah untuk kerja sambil menghadap tv.

Berhubung nggak mau rugi, yaitu masih pengen ngetik juga sekaligus nonton bola juga, maka gue taruh cermin ukuran 120 X 100 cm di hadapan gue. Efeknya adalah memantulkan siaran tv di belakang gue. Jadi gue bisa ngetik sambil nonton (beneran lho, ngetik sambil nonton). Efek lain, kalo itu tv lagi off, gue bisa ngetik sambil ngaca. Hehehe, narsis.

Hasil sering nonton dari cermin oke juga. Selain kerjaan kelar (meski jadi lebih lama) plus nggak kehilangan siaran langsung, ada juga efek samping lainnya loh. Hasil paling nyata adalah yang gue sebut di atas tadi, gue jadi terlatih membaca terbalik. Tulisan-tulisan sederhana kayak SCTV, kick off, Figo, Perez sampe yang ribet kayak Jankulovski gampang gue baca meski liatnya terbalik. Angka-angka seperti 2006, 10, 5, 2 juga gue baca dengan cepat. Bahkan gue bisa baca running text! Tentu saja running text dalam bahasa Indonesia.

Tadinya emang gue kesulitan membaca terbalik. Salah baca aja, gitu. Misalnya “tombol” gue kira “lombok”. “Medan” gue tebak “adem”. Nomor punggung 18 tadinya gue baca 81, dan otak gue langsung protes, sejak kapan nomor punggung pemain bola sampe 81??

Dengan nonton dari cermin, gue juga beberapa kali salah sangka. Bek kanan gue tuduh bek kiri. Begitu pula sebaliknya. Ada juga yang gue pikir berkaki kidal, padahal bukan. Tapi ada yang sempat bikin gue deg-degan. Yaitu arah serangan. Misalnya nih, waktu gue nonton langsung ke tv (tanpa cermin), gue melihat gawang tim favorit ada di kanan. Tapi pas gue nonton dari cermin, serangan ke gawang kanan bertubi-tubi. Waaah, tim gue digempur! Pas denger si komentator bule, gue baru ngeh kalo yang diserang adalah tim lawan. Baru deh sadar, gue kan nontonnya secara terbalik!

Untungnya banyak yang nggak perlu ditafsirkan secara terbalik lebih dulu. Apalagi kalo bukan kegantengan para pemain bola. Kalo udah dari sononya ganteng, biar diliat pake cermin, ato bahkan pake sedotan sekalipun, tetep aja ganteng. Hehehhee.

Sekarang, kalo nggak lagi nonton bola pun, gue sesekali nonton secara terbalik. Tapi nggak sering. Paling kalo lagi ngaca pake krim muka, eh brenti dulu karena di belakang gue ada video klip bagus. Padahal kalo dipikir-pikir, krim muka doang gitu loh. Nggak usah pake madep cermin juga bisa. Toh udah apal sama lekuk muka sendiri.

Yah, namanya juga lagi kecentilan. Meskipun sering gue pikir, lebih enak buat mata jika gue nontonnya nggak lewat cermin, tapi gue selalu bikin jawaban sendiri. Sesekali harus dong ngerjain sesuatu secara berbeda.

Nggak penting? Biarin. Viva World Cup!

kredit foto : ambulance.act.gov. au, uwm.edu, afp.com

1 comment:

the writer said...

dita dita...emang otak lu yang cerdas tuh kebanyakan gk dipake...makanya kurang kerjaan banget